11 Obat Tradisional Trigliserida Tinggi

11 Obat Tradisional Trigliserida Tinggi

Gaya hidup sehat di era ini semakin memudar, banyak makanan cepat saji dan lebih lezat lebih menggoda. Tak heran jika banyak orang beralih ke gaya hidup yang kurang sehat ini.  Tanpa kita sadari, secara perlahan gaya hidup ini akan meningkatkan kadar gula, kolesterol, dan trigliserida.

Perlu diwaspadai jika kadar trigliserida tinggi, karena ini adalah awal berbagai penyakit menghampiri kita. Bahaya trigliserida memanglah menakutkan dan mengkhawatirkan, namun ini bukan berarti tidak dapat diobati. Selain merubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat, anda bisa mengkonsumsi obat penurun trigliserida. Namun yang namanya obat kimia, selalu ada efek sampingnya.

Alternatif lainnya, anda bisa mengkonsumsi obat herbal/tradisional. Berikut kami sajikan beberapa tanaman obat tradisional yang ampuh menurunkan trigliserida sehingga kadarnya menjadi normal :

1. Tanaman jati belanda

Tanaman jati belanda selama ini dikenal sebagai bahan utama untuk obat pelangsing. Cara kerja obat pelangsing ini adalah dengan membuang lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Jati belanda mengandungenzim lipase, oleh karena tanaman ini cocok digunakan sebagai obat trigliserida tinggi. Selain itu, terdapat lendir tannin dan alkaloid yang membantu tugas enzim lipase. Ketikanya saling menunjang dalam menurunkan kadar lemak dan juga kolesterol.

Menurut Djoko Hargono (pemerhati obat alami), jati belanda yang dikonsumsi secara oral dapat menekan nafsu makan sehingga mengurangi gugus amino. Hal ini bisa terjadi karena lendir daun jati yang ikut dikonsumsi akan mengembang di dalam lambung.

Gugus amino diikat oleh serat diet. Kondisi ini menjadikannya lebih efektif ketimbang berikatan dengan kitin atau serat biasa. Serat yang mengikat gugus amino yang bermuatan positif dapat menyerap lemak dan kolesterol yang umumnya bermuatan negatif.

2. Alpukat

Alpukat tak hanya cocok bagi anda yang sedang program hamil, tapi juga layak dimasukkan ke dalam diet anda. Buah ini memiliki kandungan asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, glutation, dan magnesium. Sederet nutrisi yang dikandungnya ini juga didukung dengan kaya serat dan asam lemak tak jenih tunggal. Kandungan itulah yang berperan dalam menurunkan trigliserida dan kolesterol darah.

3. Tanaman pulai

Mungkin terdengar asing di telinga anda, nama umumnya adalah kayu gabus. Semua bagian tanaman ini, bahkan kulitnya dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol dalam darah anda.

4. Tanaman sambiloto

Tanaman sambiloto mampu menurunkan kadar trigliserida dengan baik dan cepat. Manfaat lainnya yang anda dapatkan jika mengkonsumsinya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sekali dayung, 2.. 3.. pulau terlampaui.

5. Angkak atau beras merah cina

Angkak merupakan sejenis cendawan yang berwarna merah. Monascus pupureus, nama lain angkak, juga bisa digunakan sebagai baha pengawet makanan dan obat. Sudah teruji lewat penenlitian bahwa angkak dapat menurunkan kadar trigliseroda dan kolesterol darah.

6.  Seledri

Seledri cukup poluler di kalangan obat tradisional. Khasiatnya sudah tak diragukan lagu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungannya meliputi asparagin, pentosan, glutamin, tirosi, dan manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri. Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai pemicu munculnya enzim yang berfungsi melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, seledri cocok digunakan sebagai obat trigliserida.

7. Temulawak

Curcuma rhizoma, temulawak, memiliki aktivitas kolagoga yang berarti memperlancar pengeluaran empedu ke usus. Dan bisa digunakan sebagai obat trigliserida tinggi.

8. Kubis

Kubis mengandung berbagai vitamin, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, tinamid, serat, dan betakaroten. Kandungan senyawa sianohidroksibutena, sulforafan, dan iberin dalam kubis digunakan sebagai perangsang dalam pembentukkan glutation. Sayuran ini layak dimasukkan ke dalam menu sehat anda.

9. Bawang merah

Bawang merah tak pernah absen dalam menyedapkan masakan anda. Selain melezatkan makanan anda juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan flavonoidnya berperan sebagai antioksidan dan juga menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida. Bawang merah juga dapat berfungsi sebagai hipolipidemik atau antitrombotik yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Harganya terjangkau memudahkan anda untuk menjadikannya obat tradisional.

10. Kunyit

Kunyit yang umumnya digunakan dalam masakan, ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan trigliserida tinggi. Tentunya ini tak lepas dari fungsinya membantu melancarkan darah dan energi vital, dapat membantu menghilangkan sumbatan dalam tubuh, serta melancarkan keluarnya empedu ke dalam usus.

11. Sarang semut

Sarang semut mengandung magnesium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi. Magnesium juga dapat memperlebar arti koroner, melanjarkan aliran darah ke jantung, serta meningkatkn produksi kolesterol baik atau KDK.

Itulah beberapa tanaman yang dapat anda gunakan sebagai obat tradisional untuk trigliserida tinggi. Tak perlu repot mencari obat racikan, nyatanya tanaman atau bahan masak disekitar anda dapat digunakan sebagai obat tradisional trigliserida tinggi. Kuncinya sabar dalam konsisten anda dalam mengkonsumsi obat tradisional, sehingga anda mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.
close
Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.