7 Makanan Penting Saat Menstruasi

7 Makanan Penting Saat Menstruasi
Menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim apabila sel telur tidak dibuahi. Proses ini terjadi sebulan sekali. Ditandai dengan keluarnya darah dari vagina, biasanya disertai dengan nyeri perut dan badan terasa pegal-pegal. Minumlah jamu kunyit asam untuk mengatasi nyeri.
Saat menstruasi zat besi ikut keluar bersama darah haid, sehingga tak jarang seseorang yang mengalami menstruasi juga mengalami anemia. Adanya perubahan hormon juga mempengaruhi aktivitas sehari-harimu. Jangan Khawatir, selama kebutuhan tubuh terpenuhi selama menstruasi kamu tak akan merasakan masalah menstruasi yang mengganggu aktivitasmu. Inilah 8 makanan yang sebaiknya kamu konsumsi selama menstruasi :


1. Padi-Padian

Padi-padian tidak hanya sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk wanita yang sedang menstruasi. Dengan makan padi-padian seperti oat dan gandum akan memberi tubuh kita vitamin E dan B-kompleks yang banyak. Vitamin-vitamin ini akan membantu memperbaiki mood yang sering berubah-ubah dan kelelahan. Makan padi-padian 1 jam sebelum tidur juga membantu kita melalui PMS dengan baik.

2. Nanas

Nanas adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi. Mangan merupakan nutrisi yang penting untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal dan sehat. Wanita yang memiliki asupan mangan yang cukup dapat menurunkan aliran menstruasi, dan ini merupakan hal yang sangat baik. Selain mengandung mangan, ternyata nanas juga mengandung enzim bromelain. Enzim ini membantu merilekskan otot.

3. Kacang Polong

Kacang polon, buncis, kacang polong spit, dan jenis kacang polong lainnya merupakan pilihan tepat untuk makan siang atau makan malam selama menstruasi. Jenis kacang polong mengandung serat yang tinggi yang mana dapat mengatasi masalah kongetif, serta meringankan retensi air dengan membersihkan tubuh dari kelebihan cairan. Kacang polong juga mengandung vitamin B yang tinggi, vitamin ini dapat mengatasi gejala menstruasi.

4. Yogurt

Mengkonsumi yogurt selama menstruasi memiliki banyak  manfaat, salah satunya adalah membantu mengatur sistem pencernaanmu. Selain mengandung kultur bakteri yang baik, yogurt mengandung kalsium yang tinggi yang dapat membantu meredakan nyeri menstruasi dan ketidaknyamanan. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi olahan susu karena mengandung asam arakidonik yang mana dapat menambah resiko terjadinya kram.

5. Brokoli dan Kubis

Jenis sayuran mengandung antioksidan yang tinggi dan berbagai macam vitamin. Selain itu juga mengancung kalsium yang tinggi. Perlu kita ketahui kalsium dapat mengurangi nyeri menstruasi. Bagi kamu yang sering merasakan nyeri menstruasi, coba konsumsi brokoli. Dan rasakan apa yang terjadi pada nyeri menstruasimu.

6. Miso, Shoyu, atau Tamir

Miso, shoyu, dan tamir dibuat dari fermentasi kedelai yang banyak digunakan sebagai bahan masakan Asia. Ketiga bahan itu menjadikan masakan menjadi lebih lezat dan pastinya juga sehat. Olahan fermentasi kedelai ini juga bisa digunakan sebagai pengganti garam pada makanan tradisional. Sama seperti kacang polong, Miso dkk ini juga dapat membantu mengatasi masalah retensi air yang mungkin dialami banyak wanita menstruasi.

7. Minyak Biji Rami/Lenan

Minyak biji rami mengandung omega asam lemak (EFAs) yang tinggi. Karena kandungannya yang baik tersebut minyak biji rami merupakan pilihan yang terbaik untuk membantu wanita melalui menstruasinya. EFAs yang terkandung dapat membantu tubuh untuk membentuk prostagladin yang mana dapat meredakan kram.

Air Putih

Selain ketujuh makanan diatas, pastikan bahwa kamu minum air putih yang cukup selama menstruasi. Kenapa? Karena air secara menakjubkan dapat mengatasi kembung dan retensi cairan yang mana menyebabkan nyeri, kram, dan gejala menstruasi lainnya. Kekurangan cairan dapat menimbulkan bahaya bagi tubuhmu. Alangkah lebih baiknya jika kebiasaan minum air putih yang cukup juga dilakukan setiap hari, tidak hanya saat menstruasi saja karena tubuh juga butuh cairan yang cukup. Agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, kamu bisa mengikuti tips penuhi kebutuhan air putih yang sudah kamu ulas sebelumnya.

Demikian tips sehat hari ini mengenai 7 Makanan Penting Saat Menstruasi. Penuhilah kebutuhan tubuhmu saat menstruasi, karena pada saat itu tubuhmu banyak kehilangan nutrisi. Nantikan tips sehat lainnya yang akan kami ulas. Semangat sehat.
Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.